Wednesday, March 3, 2010

Garuda Buka Kembali Tiga Rute Penerbangan Di KTI

Tiga rute penerbangan Garuda di wilayah timur yang selama ini tertutup akibat adanya integrasi penerbangan Merpati Airlines akan dibuka kembali pada pertengahan tahun ini.

Menurut General Manager Garuda Indonesia cabang Makassar, Rismondari, di Makassar, pembukaan rute Makassar-Ambon, Makassar-Palu dan Makassar-Surabaya yang hampir 15 tahun lalu di integrasikan ke Merpati Airlines itu akan mulai dibuka pada Juni-Juli 2010.

"Rute itu kembali dibuka, karena potensinya masih cukup bagus," ucapnya.

Dia mengharapkan, penerbangan untuk tujuan itu memiliki tingkat keterisian (load factor) minimal 75 persen.

"Minimal `break even` rute ini bisa mencapai 75 persen," ucapnya.

Pembukaan jalur penerbangan itu rencananya dilakukan bersamaan dengan penambahan sebanyak 23 armada baru Garuda yang juga akan dilakukan pada tahun ini.

Tahun ini, Garuda akan menambah 23 unit pesawat jenis Boeing 737 seri 800 (New Generation), dan 1 unit Airbush 330 seri 200, sehingga jumlah armada Garuda yang akan beroperasi nantinya mencapai 92 unit.

Garuda sejauh ini telah melayani sebanyak 12 kali penerbangan dalam sehari dan rute penerbangan tujuan Makassar-Jayapura dan Makassar-Bali diakui cukup jalur padat penumpang untuk wilayah timur.

Rute penerbangan khusus tujuan Makassar-Jayapura memiliki tingkat keterisian hingga 95 persen dengan melayani sekali penerbangan dalam seharinya. "Makassar-Bali juga memiliki potensi yang sama khusus di wilayah timur," ungkapnya.

Sumber : http://beritadaerah.com

No comments: